UTU Terjunkan 384 Mahasiswa Magang Kampus Merdeka Angkatan III Tahun 2022
  • UTU News
  • 26. 01. 2022
  • 0
  • 1697

MEULABOH, UTU – LPPM UTU memberikan pembekalan bagi mahasiswa pemagangan angkatan III (semester ganjil 2021/2022) Universitas Teuku Umar (UTU) yang akan melakukan magang ke berbagai instansi pemerintah dan swasta baik di dalam maupun ke luar Aceh, dan dilanjutkan dengan penarikan mahasiswa pemagangan angkatan II (semester genap 2021/2022) yang telah selesai magang.

Penarikan dan pelapasan mahasiswa magang dilakukan oleh Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma`ruf, SE.,MBA, di Aula Gedung Kuliah Terintegrasi UTU, Rabu, 26 Januari 2022. Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA, Ketua LPPM, Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Koordinator Pusat KKN dan Magang Mahasiswa UTU, Teungku Nih Farisni, SKM.,M.Kes. Juga hadir pimpinan dari beberapa perusahaan lain.

Rektor UTU, Prof. Jasman antara lain menyampaikan, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sangat bermanfaat bagi pengembangan proses pembelajaran bagi mahasiswa di kampus. Melalui program MBKM ini mahasiswa bisa memilih di kampus mana saja di Indonsia untuk belajar dan magang juga bisa dilakukan diberbagai instansi baik instansi pemerintah maupun instansi swasta yang ada. “Mahasiswa UTU bisa pilih mata kuliah di perguruan tinggi lain, begitu juga mahasiswa lain di seluruh kampus yang ada di Negara ini bisa memilih mata kuliah/belajar di UTU,” ujar Prof. Jasman.

Prof. Jasman menegaskan, mulai sekarang dan ke depan, mahasiswa tidak perlu lagi susah memikirkan atau memilih kuliah di perguruan tinggi. Sama saja sakarang, tidak ada bedanya lagi antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya. Silakan memilih belajar di kampus yang disukai. “Silakan saja mahasiswa UTU pilih mata kuliah di kampus lain, tapi ijazah kelulusannya tetap di UTU.”

Koordinator Pusat KKN dan Magang, Teungku Nih Farisni, SKM.,M. Kes menyebutkan, kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama MoA, Fakultas Pertanian UTU dengan ASN. Sedangkan panandatanganan Surat Perjanjian Kerja (SPK), Program Studi Agro dan Agri Fakultas Pertanian serta Prodi Teknik Mesin-Fakultas Teknik dengan ASN. Kemudian penandatanganan SPK Prodi Ilmu Administrasi Negara (IAN) dengan PT. S. Syariah

Sebelumnya, LPPM Universitas Teuku Umar (UTU) meleksanakan pertemuan penyamaan persepsi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bagi mahasiswa magang angkatan III Tahun 2022. Peserta mahasiswa magang angkatan III Tahun 2022 ini sebanyak 384 orang, dengan jumlah dosen DPL mencapai 69 orang. Untuk tahun ini, lokasi mahasiswa UTU akan melakukan magang selain dalam Wilayah Aceh juga diluar Aceh seperti ke Sumatera Barat, Sumatera Utara bahkan ada yang ke Bali. Mahasiswa magang itu akan di tempatkan di instansi pemerintah dan swasta.

Teungku Nih mengatakan, tujuan diadakan penyamaan persepsi ini agar mahasiswa di lapangan bisa satu kata dengan penyelenggara. Diuraikan, magang bagi mahasiswa UTU dibagi kepada dua kategori yaitu magang spesialis dan magang generalis atau disebut magang bina desa. Magang spesialis itu adalah magang yang ditentukan oleh program studi dari fakultas sesuai bidang ilmu masing-masing. Sedangkan magang generalis atau bina desa, magangnya lebih kepada program-program riset para dosen, dan mahasiswanya disebarkan kepada seluruh kabupaten dengan tujuan mahasiswa dapat membina masyarakat desa.

Untuk tahun 2022 ini, telah memiliki 4 (empat) kelompok riset lingkungan yang juga melibatkan mahasiswa yaitu di Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Barat dan Nagan Raya. “Ada 20 mahasiswa yang ‘terjunkan’ langsung khusus untuk membina desa.”(***)

Komentar :

Lainnya :