Terbaik di Sumatera, 6 Organisasi Mahasiswa UTU Lolos Seleksi Program PPK Ormawa 2022
  • UTU News
  • 29. 05. 2022
  • 0
  • 743

MEULABOH - UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) kembali berhasil menorehkan prestasi membanggakan, kali ini khabar membahagiakan ini datang dari keberhasilan organisasi mahasiswa (Ormawa) UTU yang berhasil lolos seleksi untuk presentasi akhir Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) tahun 2022.

Hal ini diketahui berdasarkan pengumuman oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diumumkan pada tanggal 27 Mei 2022 melalui surat 2497/E2/KM.09.01/2022 tentang seleksi akhir proposal dan subproposal PPK Ormawa 2022.

Sehari sebelumnya, Kamis (26/5/2022) Universitas Teuku Umar juga mendapatkan khabar baik tentang keberhasilan mahasiswa UTU lolos seleksi dan memperoleh Pendanaan dari Dirjen Dikti bagi 7 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang tahun 2022.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA kepada Humas UTU Minggu (29/5/2022) menyampaikan kebanggaannya seraya mengucapkan selamat kepada mahasiswa atau tim ormawa UTU yang proposalnya berhasil lolos seleksi ditingkat nasional tahun 2022.

”Alhamdulillah 6 Proposal PPK Ormawa UTU berhasil lolos seleksi akhir untuk presentasi. Ini patut kita syukuri," Kata Prof Jasman.

Yang membanggakan, Universitas Teuku Umar berhasil masuk dalam 10 besar Nasional PTN dengan jumlah kelulusan proposal terbanyak, serta menjadi yang terbaik di Sumatera.

Adapun rinciannya adalah, posisi pertama diraih oleh IPB University dengan 10 proposal, berikutnya  UGM dan UNDIP masing-masing 9 proposal, berikutnya Universitas Jember 8 Proposal. Selanjutnya Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Surabaya dan Universitas Tidar yang masing-masing berhasil lolos 7 Proposal. Terakhir Universitas Teuku Umar dan Universitas Negeri Makasar masing-masing 6 Proposal.

Jika mengacu pada rasio jumlah mahasiswa dan dosen, UTU berhasil unggul dan terbaik kedua di Indonesia dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri lainnya.

"Alhamdulillah, dengan jumlah mahasiswa yang hanya 7.000-an dan 350 orang dosen, UTU berhasil meluluskan 6 proposal PPK Ormawa, apalagi usia Universitas Teuku Umar yang masih seumur jagung jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia," Sebut Prof Jasman dengan bangga.

PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh PT yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Proposal yang diajukan oleh PT merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Ormawa.

Gagasan/usulan kegiatan merupakan bentuk pengabdian atau pemberdayaan masyarakat yang disusun oleh Organisasi Kemahasiswaan resmi yang ada di perguruan tinggi, yang dapat diimplementasikan dalam berbagai program sesuai dengan topik yang dipilih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)

Komentar :

Lainnya :