Saiful Anwar, Peraih Beasiswa BSI Sukses Ikuti ISDP Supercamp 2022 di Bogor
  • UTU News
  • 18. 08. 2022
  • 0
  • 638

MEULABOH - UTU | Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Teuku Umar, Saiful Anwar, sukses mengikuti kegiatan pembinaan dan pelantikan awardee Islamic Sociopreneur Development Program’ (ISDP) Supercamp 2022. Kegiatan tersebut berlangsung di Bogor, 12-15 Agustus 2022.

Saiful Anwar merupakan salah satu penerima beasiswa Inkubator Bisnis ‘Islamic Sociopreneur Development Program’ (ISDP) 2022. Ia bersaing dengan ribuan mahasiswa dari berbagai kampus lainnya di Indonesia, Saiful berhasil mewakili UTU masuk dalam 100 besar yang diterima dalam program beasiswa tersebut.

ISDP merupakan program Beasiswa Inkubator Bisnis yang menyiapkan mahasiswa menjadi wirausaha muslim yang memiliki kemampuan wirausaha, memiliki kepedulian sosial dan berdaya guna di masyarakat. ISDP memberikan beasiswa uang saku, pelatihan, pembinaan dan permodalan bisnis bagi mahasiswa dan mahasiswi yang berjiwa sociopreneur.

ISDP diselenggarakan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional – Bangun Sejahtera Mitra Umat (LAZNAS-BSM). Tahun ini beasiswa ISDP menerima total 100 mahasiswa dari 32 kampus yang ada di Indonesia. Tahapan seleksi dari beasiswa ISDP ini dimulai dari pendaftaran, perlengkapan berkas administrasi, wawancara, dan presentasi bisnis. Benefit yang didapatkan bagi mahasiswa yang lulus berupa uang saku selama 1 tahun serta bimbingan menjadi wirausaha muda.

Saiful Anwar menyampaikan bahwa menjadi wirausaha muda merupakan motivasi awal sebelum mengikuti program beasiswa ISDP tersebut.

“Ingin menjadi wirausaha muda dan sukses di usia muda sehingga bisa membahagiakan kedua orang tua, saatnya yang muda berprestasi. Semoga kedepan lebih banyak mahasiswa UTU yang ikut dalam kesempatan besar ini dan bisa ikut berproses di sini,” ujar Saiful

Saiful Anwar berterimakasih kepada Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si, Kepala LPPM-PMP UTU, Ir. Rusdi Faizin, M.Si dan Korpus KKN dan Magang UTU, Teungku Nih Farisni, M.Kes serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan kesempatan kepadanya untuk mengikuti kegiatan ISDP Supercamp 2022.

Saiful mengakui, saat ini ia sedang mengikuti kegiatan KKN Kebangsaan di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah. "Saat ini kami sebagai mahasiswa Universitas Palangka Raya, Kalteng, atas izin dari Rektor UPR dan DPL KKN Kebangsaan, kami ucapkan terimakasih," ujarnya.

Rasa bangga dan ucapan terima kasih disampaikan Dekan FP UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, MM melalui Ketua Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian UTU, Devi Agustia, S.P., M.Si atas prestasi yang diraih mahasiswanya.

“Kami sangat berterima kasih dan bangga atas capaian yang telah diraih mahasiswa kami Saiful Anwar menjadi salah satu awardee dalam program beasiswa Inkubator Bisnis Islamic Sociopreneur Development Program, Saiful Anwar  berhasil menjadi satu dari 100 penerima beasiswa dari 32 kampus di Indonesia," kata Devi

Jelasnya, hal tersebut merupakan percapaian yang luar biasa dalam mendukung visi misi universitas dan pencapaian IKU, terutama aspek yang berkaitan dengan mahasiswa, kami di Program Studi selalu mengupayakan membantu dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti ajang atau kompetisi nasional dan internasional. "Kami juga berusaha menciptakan mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa entrepreurship sebagai salah satu luaran kompetensi,” lanjutnya.

Devi mengungkapkan harapannya dengan adanya prestasi seperti Saiful Anwar itu dapat memotivasi mahasiswa lainnya.

“Harapannya semoga mahasiswa lainnya termotivasi untuk berprestasi seperti yang telah dicapai Saiful Anwar dan juga buat Saiful terus berprestasi,” tutup beliau.

Sementara itu, Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si menyampaikan selamat dan apresiasi atas karya dan prestasi yang diraih oleh Saiful Anwar, apalagi ini adalah kali pertama partisipasi UTU dalam program bergengsi ini.

"Alhamdulillah prestasi yang diraih oleh mahasiswa kita ini patut kita syukuri, mahasiswa kita mampu bersaing dan berhasil mengharumkan nama UTU di kancah Nasional" Kata Dr. Ishak

UTU menjadikan agro and marine industry sebagai core product nya, tentu dengan karya dari Saiful Anwar dari Fakultas pertanian berupa "kedai taniku" diharapkan dapat menjadi inspirasi dan referensi dalam bidang pertanian.

"Semoga desain ini menjadi alternatif solusi untuk pemasaran hasil pertanian dan memudahkan baik petani maupun konsumen dalam mendapatkan beragam jenis hasil pertanian.” pungkas Rektor. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

Komentar :

Lainnya :