Pusat Penjaminan Mutu: Wujud Pendidikan Bermutu
  • Pusat Penjaminan Mutu
  • 12. 01. 2022
  • 0
  • 409

Meulaboh-Penjamu UTU: Koordinator Pusat Penjaminan Mutu (Korpus P2M) Universitas Teuku Umar Triyanto, MA memaparkan profil dan aktivitas secara singkat organisasi Pusat Penjaminan Mutu di depan 86 CPNS Dosen dan Tenaga Kependidikan (tendik) yang baru lulus tahun 2021 yang lalu.

Paparan singkat ini dalam rangkaian kegiatan Silaturahmi Pimpinan Universitas Teuku Umar dengan Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi T.A. 2021, yang telah dibuka oleh Rektor Universitas Teuku Umar pada pagi pukul 08.00 Hari Selasa tanggal 11 Januari 2022. Kegiatan ini berlangsung dua hari, sehingga penutupan dijadwalkan pada hari ini (Rabu sore) tanggal 12 Januari 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di aula gedung kuliah terintegrasi (GKT) lantai II kampus UTU Meulaboh.

Pada kesempatan tersebut Triyanto menyatakan bahwa penjaminan mutu merupakan lembaga yang sangat penting karena berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Pusat Penjaminan Mutu merupakan wujud pendidikan yang bermutu, tentu akan bermutu ketika pelaksanaannya mengikuti standar mutu yang telah ditetapkan. “Pada saat ini, kita telah memiliki 49 standar mutu yang mengatur mutu pendidikan di Universitas Teuku Umar”, papar Triyanto. 

“Ada 24 standar yang merupakan dasar dan telah ditentukan kementerian atau SN Dikti, 12 standar merupakan standar tambahan yang ditetapkan kampus kita sendiri, dan 13 standar merupakan penyesuaian dengan bentuk pembelajaran merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), dengan demikian kita memiliki 49 standar mutu”, pungkasnya.

Ketika ditanyakan mengenai kemungkinan ada tidaknya CPNS dosen yang akan bergabung dengan penjaminan mutu, Triyanto mengatakan, "Pertama, hanya dosen bermutu yang akan menjadikan UTU ini bermutu. Kedua, hanya dosen bermutu yang memikirkan mutu UTU. Ketiga, membuat UTU bermutu tidak harus bersama penjaminan mutu".    

Pada akhir paparannya Triyanto selaku Korpus Penjaminan Mutu berharap ada beberapa dosen baru yang siap bergabung dan berjuang bersama dalam melaksanakan tugas mensukseskan prodi-prodi dalam membuktikan diri bahwa prodi tersebut memang bermutu, tentu dengan bukti terakreditasi.

Lainnya :