Pengurus PPLPI UTU Resmi Dikukuhkan, Rektor Minta Laboratorium Berfungsi Maksimal
  • UPT Laboratorium Terpadu
  • 16. 07. 2021
  • 0
  • 1884

MEULABOH - UTU | Organisasi profesi Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia (PPLPI) Universitas Teuku Umar resmi dikukuhkan, hal itu ditandai dengan diserahkannya Surat Keputusan oleh Ketua Umum PPLPI pusat yang dihadiri langsung oleh Sofyan, S.Si,. M.Si yang disaksikan oleh Rektor UTU Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE,. MBA, Rabu (14 Juli 2021).

Kegiatan pengukuhan organisasi profesi PPLPI tersebut dikemas dalam kegiatan pelatihan "Pemahaman Pengelolaan Laboratorium Pendidikan" yang diselenggarakan oleh Laboratorium Terpadu Universitas Teuku Umar dengan jumlah peserta 36 orang.

Rektor, Prof. Jasman dalam sambutannya menyampaikan, laboratorium pendidikan mempunyai peranan penting dalam menunjang kegiatan akademik khususnya aspek praktikum.

"Dengan demikian ada keseimbangan antara terori serta praktik dalam rangka mewujudkan visi UTU agro and marin industry, sekaligus menjadikan kampus UTU sebagai pusat informasi dan referensi khususnya di Barsela." Katanya

Tentu outputnya melahirkan sumber daya handal dan berdaya saing. Oleh karena itu PLP akan terus melaksanakan fungsi dan tugasnya secara maksimal.

Rektor menambahkan, kedepan UTU akan terus membenahi laboratoriumnya, baik alat uji maupun sumber daya manusianya.

Pranata Laboratorium Pendidikan yang disingkat PLP adalah jabatan dengan tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan pengelolaan laboratorium pendidikan dengan pengoperasian peralatan dan penggunaan bahan dalam kegiatan Pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat sebagaimana termaktub dalam Peraturan Menteri Negara Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 03 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan dan Angka Kreditnya, Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/V/PB/2010 – Nomor 13 tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan dan Angka Kreditnya.

Untuk itu PLP Sebagai jabatan fungsional dalam menjalankan profesinya perlu terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara PLP itu sendiri maupun dengan lembaga yang menunginya, yang terorganisir dalam suatu organisasi profesi yang memiliki Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan kode etik. Sehingga perlu dibentuk suatu organisasi sebagai media informasi, komunikasi, kerjasama, dan pemersatu PLP Seluruh Indonesia.

Adapun pengurus yang dilantik adalah sebagai berikut :
Ketua : Azwar, SKM,. M.PH
Wakil Ketua : Isyalyadi, S.KM,. M.Kes
Sekretaris : Rizki Erlangga Zanur, S.Pd
Bendahara : Raida Yani, Sp.M.Si
Kemudian dibantu tujuh ketua bidang dan anggota bidang.

 

Sumber : utu.ac.id

Lainnya :