Dosen Prodi Gizi Lakukan Pengabdian Masyarakat dalam Menghadapi New Normal
  • Prodi Gizi
  • 04. 08. 2020
  • 0
  • 460
  • Dosen

Meulaboh – Program Studi Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar (Prodi Gizi FKM UTU) dalam menyikapi Pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih saja berlangsung, walaupun pemerintah telah mengeluarkan kebijakan new normal dimana pola kehidupan masyarakat menuju normal kembali akan tetapi kasus masih saja terus bertambah. Pandemi covid-19 telah memberi dampak negatif pada berbagai sendi kehidupan,  termasuk bidang pendidikan.

Pesantren merupakan salah satu institusi pendidikan yang tak lepas dari dampak negatif pandemi covid -19 karena dimasa pandemi ini mereka tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik rawan terpapar virus covid-19, untuk itu mereka harus menjaga kondisi tubuh agar tetap prima dengan meningkatkan imunitas tubuh mereka.

Oleh karena itu Prodi Gizi FKM UTU melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi berupa edukasi gizi dalam menghadapi pandemi covid-19 di pesantren Raudhatul Mubarakah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 24 juli 2020 dengan melibatkan beberapa dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat diantaranya Arfah Husna, SKM, MKM, Sukma Elida, SKM. M.Kes, Enda Silvia Putri, SKM, M.Kes, Wardah Iskandar, SKM, MPH, Sri Wahyuni Muksin, S.Si, MPH, Marniati, SKM, M.Kes, Dian Fera, SKM, M.Si, Siti Maisyaroh Fitri Siregar, SKM, M.Kes dan Ishalyadi, SKM, M.Kes. Tercatat ada 200 santriwati yang menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Khairunna, DCN, M.Kes selaku Ketua Prodi Gizi FKM UTU menyampaikan bahwa “kegiatan ini membuka jalan kerjasama antara Prodi gizi FKM UTU dengan Pesantren-pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Barat. Seperti diketahui bahwa pesantren merupakan institusi pendidikan yang berbentuk boarding school sehingga sekolah berperan besar mengelola kehidupan peserta didiknya, termasuk mengatur menu yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik terutama pada saat pandemi seperti ini. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta didik dan pihak pengelola pesantren memiliki pengetahuan tentang pola makan yang sesuai dengan menu seimbang sehingga imunitas warga Pesantren tetap terjaga dan mereka terhindari dari penyakit akibat virus covid-19”ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan II FKM UTU Susy Sriwahyuni, SKM, M.Si. Beliau menyambut positif dan mendukung sepenuhnya kegiatan pengabdian ini dan berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala sehingga kedepan Pesantren Raudhatul Mubarakah dapat menjadi pesantren binaan Prodi Gizi FKM UTU.

Lainnya :